Home Pengumuman Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

29
0

Blokagung – Bertempat di Auditorium IAIDA, Badan Eksekutif Mahaiswa (BEM) IAIDA Blokagung Banyuwangi menggelar pelatihan penulisan karya tulis ilmiah. Kegiatan yang direncanakan selama 2 hari mulai Ahad 08 sampai Senin 09 April 2018, diikuti oleh 90 mahasiswa lintas Prodi IAIDA Blokagung. Antusias mahasiswa mengikuti kegiatan ini memberikan semangat pada BEM IAIDA sebagai panitia pelaksana disela aktifitas yang terus berlanjut, dalam sosialisasi dan pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Suyanto, M.Si. tutor pelatihan karya tulis ilmiah ini adalah penulis sekaligus pemateri sastra Indonesia dan sastra etnis, merupakan pegiat penulis muda di Kabupaten Banyuwangi.

Mengambil tema “Membentuk Santri Sebagai Intelektual Yang Berwawasan Dan Terampil Dalam Menulis” menurut penjelasan Vivi Silviana yang merupakan ketua panitia, kegiatan ini adalah bagian dari implementasi program kerja BEM IAIDA bidang pendidikan. “Kegiatan ini bagian dari realisasi PROKER (program kerja) BEM bidang pendidikan, diantara tujuannya adalah memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang pentingnya memiliki keterampilan menulis, khususnya bagi mahasiswa semester akhir yang punya kewajiban menulis skripsi sebagai bagian dari prasyarat kelulusan dan kewenangan menyandang gelar sarjana”, jelasnya.

Lebih lanjut Vivi sapaan akrab mahasiswi program studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) menyampaikan bahwa pelatihan karya tulis ilmiah ini merupakan agenda tahunan yang dibersamakan dengan pelaksanaan pemrograman skripsi. “pemilihan waktu kegiatan ini adalah hasil komunikasi dan koordinasi dengan lembaga saat penyusunan program kerja BEM, karena BEM adalah organisasi mahasiswa intra kampus, sehingga kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan mendukung kegiatan lembaga dalam rangka mengembangkan wawasan intelektual mahasiswa, maka pelatihan karya tulis ilmiah ini juga sengaja dilaksanakan menjelang pemrograman skripsi, tujuannya jelas yakni mendukung mahasiswa semester akhir dalam penyelesaian penulisan skripsi”, ungkapnya.
Hadir dalam acara pembukaan kegiatan ini adalah Wakil Rektor 1 bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga dan Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, serta Ketua program studi: Manajamen Pendidikan Islam, Komunikasi Pendidikan Islam, Tadris Bahasa Indonesia dan Perbankan Syariah. Wakil Rektor 1, Drs. Eko Budiywono, MH. saat memberikan sambutan menuturkan pentingnya kegiatan ini sebagai modal mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugasnya, khususnya skripsi yang mulai tahun ini akan diberlakukan cek plagiasi oleh lembaga sebelum disidangkan. “insyaallah, mulai tahun ini telah disepakati pada rapat ditingkat rektorat maaupun panitia skripsi ditingkat prodi bahwa skripsi mahasiswa sebelum disidangkan harus lulus cek plagiasi maksimal 40%, lembaga sudah membeli alatnya, maka jika ada skripsi mahasiswa melebihi 40% plagiasinya, maka tidak diperbolehkan mendaftarkan skripsinya untuk disidangkan (diujikan)”, terangnya.
Wakil rektor 3, Drs. H. M. Khozin Kharis, MH. usai acara pembukaan berpesan kepada panitia pelaksana agar mengkondisikan kegiatan ini dengan sangat baik agar peserta kegiatan ini bisa konsentrasi pada materi dan mampu mengaplikasikannya pada karya nyata. “tolong panitia, semuanya saja, sesuai bidang-bidangnya turut serta mengkondisikan kegiatan ini benar-benar dengan baik, kegiatan ini sangat baik dan penting outputnya bagi mahasiswa, upayakan peserta mengikuti dan memahami materi yang disampaikan tutor, karena konsentrasi peserta dalam kegiatan ini sangat menentukan pada keberhasilan mahasiswa menghasilkan karya tulis”, harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here